Wanita Pertama yang Dipilih Rasulullah untuk Menggantikan Peran Khadijah


Saudah binti Za'mah adalah wanita yang dipilih Rasulullah untuk menggantikan Khadijah setelah khadijah wafat. Dalam Ar-Rahiq Al makhtum disebutkan bahwa Rasulullah menyunting Saudah pada tahun ke-10 kenabian dengan setatusnya janda.

Rasulullah terbiasa menyelamatkan janda muslimin dan memuliakanya dengan menjadi anggota keluarga nabi, kecuali Aisyah satu-satunya gadis yang dinikahi oleh beliau.


Ada kisah menarik di perjalanan rumah tangga Rasulullah. Nabi dan Saudah pernah terjadi konflik antara kedua sosok mulia itu. Rasulullah hampir saja menceraikan Saudah, perempuan shalihah itu ketakutan karena Ia ingin meninggal dan di bangkitkan kelak dengan status sebagai istri Rasulullah.

Saudah yang merasa dirinya berusia lanjutpun kemudian memberikan hari bergilirnya untuk Aisyah ia rela melakukannya asal dapat menjadi istri Rasulullah hingga akhir hayatnya.

Saudah pula mengetahui bahwa suaminya memiliki perasaan yang lebih kepada Aisyah dibanding istri beliau yang lain.

Atas perkara Saudah ini, Allah pun kemudian menurunkan ayat tentangnya

"Jika seorang mengkhawtirkan nusyuz atau sikap tidak acuh dari suaminya, tidak mengapa bagi keduannya mengadakan perdamaian (yang sebenar-benarnya, dan perdamaian itu lebih baik (bagi mereka) walaupun manusia itu menurut tabiatnya kikir. Jika kalian bergaul dengan istri kalian cara baik dan memelihara kalian dari nusyuuz dan sikap tak acuh sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kalian kerjaan." (Qs. An-Nisa :128)


Nusyuz merupakan sikap durhaka seorang istri pada suaminya. Ayat terebut pun kemudian menjadi rujukan hukum berumah tangga bagi kaum muslimin hingga akhir zaman. .Saudah menyadari kesalahannya dan memilih merelakan waktu bersama sang terkasih demi ikatan pernikahan yang enggan ia akhiri. Rasulullah pun menyetujui saran Saudah dan tetap menjadikan Saudah sebagai istri beliau, sang istri setelah Khadijah, sang wanita mulia.

Keinginan Saudah pun terijabah. Ia berstatus sebagai ummul mukminin hingga akhir hayat bahkan hingga di akhirat kelak. Semoga Allah memberi kedudukan yang tinggi bagi keikhlasan Saudah binti Zam’ah.


Sumber: https://plus.google.com/u/0/117584699167290667068



0 Response to "Wanita Pertama yang Dipilih Rasulullah untuk Menggantikan Peran Khadijah"

Post a Comment