Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan


Kulit pisang yang selalu kita buang sehabis dimakan isinya ternyata banyak memiliki manfaat baik terutama bagi kecantikan dan kesehatan. Jangan dibuang, sebab membuangnya pun tak boleh sembarangan karena bisa membuat orang terpeleset dan jatuh.

Selain daging buah pisang yang sangat bergizi, ternyata bagian kulitnya pun kaya akan banyak nutrisi dan karbohidrat. Hal ini nutrisi yang paling tinggi dalam kulit pisang adalah serat jenis larut dan tak larut , vitamin B6, vitamin B12 , magnesium dan juga kalium seperti pada daging buahnya. Kandungan gula akan mencapai kadar tertinggi ketika kulit pisang telah berubah menghitam.


Berikut Manfaat kulit buah pisang untuk kesehatan, kecantikan, dan lainnya :
1. Untuk Kesehatan
Kulit pisang bisa dimakan mentah, namun tentu saja rasanya sepat dan tak enak. Namun ketika buah pisang sudah matang, kulitnya bisa menjadi lebih tipis, dengan memiliki rasa yang sedikit lebih manis dan lebih mudah untuk dikunyah. Sebagian orang memilih untuk merebus kulit pisang selama 10 menit atau lebih sebelum dimakan. Hal ini juga biasa dijus bersama dengan buah-buahan lainnya agar rasanya bisa lebih baik. Memakan kulit pisang akan memperoleh manfaat dari kandungan gizinya yang tinggi seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Kalium juga banyak terdapat dalam kulit pisang, baca manfaat kalium disini. Sementara serat jenis larut dan tidak larut bermanfaat melncarkan pergerakan usus dan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kulit pisang juga mengandung triptofan, yaitu kimia yang berperan meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh serta mempengaruhi mood. Para peneliti di Taiwan menemukan bahwa ekstrak kulit buah pisang bisa meringankan depresi, hal ini karena efeknya terhadapi serotonin (merupakan neurotransmitter di otak yang ikut berperan dalam menyeimbangkan suasana hati dan emosi).

Penemuan lainnya bahwa memakan kulit dari 2 buah pisang sehari selama tiga hari meningkatkan kadar serotonin darah hingga sebesar 16 persen. Kulit pisang juga mengandung lutein, yaitu jenis antioksidan kuat yang berperan melindungi mata dari dampak radikal bebas dan radiasi UV sinar matahari. Lutein juga telah terbukti bermanfaat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

2. Memutihkan gigi alami
Menggosok gigi dengan kulit pisang selama sekitar 1 menit setiap hari selama satu minggu bisa membuat gigi menjadi putih. Jadi, ketika makan buah pisang(1 buah sehari), jangan langsung dibuang kulitnya, sehabis makan buahnya gosokkan kulitnya pada gigi.

3. Menghilangkan Kutil
Kutil adalah kondisi umum yang seringkali datang tanpa diketahui darimana. Kulit pisang ternyata bisa membantu menghilangkan kutil dan mencegah tumbuh baru. Caranya cukup hanya dengan menggosok kulit yang ada kutilnya, atau menempelkan kulit pisang yang dilembutkan diatas kutil semalaman.

4. Menyembuhkan Jerawat
Jerawat bisa menjadi masalah serius kecantikan dan sulit di atasi, namun hanya dengan kulit buah pisang ternyata bisa disembuhkan. Caranya mudah, cukup pijatkan kulit pisang yang lembut pada wajah nda selama 5 menit setiap. Hasil akan terlihat dalam waktu seminggu jika rutin dilakukan. Jadi cobalah untuk menerapkan pada kulit secara rutin sampai jerawat hilang.

5. Mengurangi Kulit Keriput 
Kulit pisang bisa membantu untuk menjaga kulit dan mencegah dehidrasi kulit. Caranya, ambil kulit pisang yang bersih, tambahkan kuning telur, kemudian haluskan untuk membuat pasta. Oleskan pasta kulit pisang dan kuning telur pada wajah Anda dan biarkan selama 5 menit. Cuci kemudian.

6. Menghilangkan nyeri
Oleskan bubur kulit pisang secara langsung pada daerah kulit yang nyeri. Biarkan selama 30 menit sampai rasa nyeri hilang. Campuran minyak sayur dan kulit pisang juga bisa membantu menghilangkan rasa nyeri atau sakit.

7. Membantu menyembuhkan Psoriasis
Psoriasis adalah radang kronis, bisa akibat autoimun atau gangguan kekebalan tubuh yang ditandai dengan gejala umum pada kulit seperti bercak putih atau seperti bersisik tebal. Oleskan kulit pada daerah yang terkena psoriasis untuk membantu meringankannya. Kulit pisang memiliki sifat pelembab alami, serta bisa mengurangi rasa gatal. Dengan terapi kulit pisang, psoriasis bisa teratasi dalam waktu singkat.

8. Menyembuhkan bekas gigitan serangga
Gigit nyamuk bisa menyebabkan reaksi gatal dan berwarna merah pada kulit, dan bisa cepat dihilangkan dengan kulit buah pisang. Caranya pijat kulit yang terkena gigitan nyamuk dengan kulit pisang, nggak butuh lama rasa gatal dan memerah pada kulit akan hilang.

9. Mengkilapkan sepatu kulit dan logam perak
Jika anda punya sepatu kulit, cobalah di gosok pakai kulit pisang. Serta perhiasan atau souvenir dari perak, jika digosok pakai kulit pisang akan langsung terlihat bersih dan mengkilap.

Tips :
  1. Gunakan kulit buah pisang yang masih segar.
  2. Jangan menyimpan kulit pisang yang telah dikupas terlalu lama. Konsumsi langsung setelah dikupas
  3. Simpanlah buah pisang di tempat yang sejuk dan kering, serta jauhkan dari panas atau sinar matahari langsung.
  4. Jangan menyimpan kulit pisang di kulkas
  5. Jangan membuang kulit pisang sembaran




Semoga bermanfaat 



0 Response to "Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment