Kekaisaran Bizantium


Asal-usul peradaban besar yang dikenal sebagai Kekaisaran Bizantium dapat ditelusuri ke 330 AD, ketika kaisar Romawi Konstantin I mendedikasikan "Roma baru" di situs dari koloni Yunani kuno Byzantium. Meskipun bagian barat Kekaisaran Romawi hancur dan jatuh 476, bagian timur bertahan selama 1.000 tahun lebih, pemijahan tradisi yang kaya seni, sastra dan belajar dan melayani sebagai penyangga militer antara negara-negara Eropa dan ancaman invasi dari Asia. Kekaisaran Bizantium akhirnya jatuh pada tahun 1453, setelah tentara Ottoman menyerbu Konstantinopel pada masa pemerintahan Constantine XI.





ROMA BARU
Istilah "Bizantium" berasal dari Byzantium, sebuah koloni Yunani kuno yang didirikan oleh seorang pria bernama Byzas. Terletak di sisi Eropa Bosporus (selat yang menghubungkan Laut Hitam ke Mediterania), situs Byzantium idealnya terletak untuk melayani sebagai transit dan perdagangan titik antara Eropa dan Asia Kecil. Pada 330 Masehi, Kaisar Romawi Constantine saya memilih Byzantium sebagai situs dari ibukota Romawi baru, Konstantinopel. Lima tahun sebelumnya, pada Konsili Nicea, Constantine telah mendirikan agama Kristen (sekali sekte Yahudi jelas) sebagai agama resmi Roma. Warga Konstantinopel dan sisanya dari Kekaisaran Romawi Timur diidentifikasi kuat sebagai Roma dan Kristen, meskipun banyak dari mereka berbicara bahasa Yunani, bukan Latin.

Meskipun Constantine memerintah Kekaisaran Romawi bersatu, persatuan ini terbukti ilusi setelah kematiannya pada 337. Pada 364, Kaisar Valentinian I lagi dibagi kekaisaran menjadi bagian barat dan timur, menempatkan dirinya berkuasa di barat dan saudaranya Valens di timur. Nasib dua daerah sangat menyimpang selama beberapa abad berikutnya. Di barat, serangan konstan dari penjajah Jerman seperti Visigoth pecah kerajaan berjuang turun satu per satu sampai Italia adalah satu-satunya wilayah yang tersisa di bawah kendali Romawi. Pada 476, barbar Odoacer menggulingkan kaisar Romawi terakhir, Romulus Augustus , dan Roma telah jatuh.

KELANGSUNGAN HIDUP DARI KEKAISARAN BIZANTIUM
Bagian timur dari Kekaisaran Romawi terbukti kurang rentan terhadap serangan dari luar, sebagian berkat lokasi geografisnya. Dengan Konstantinopel terletak di selat, itu sangat sulit untuk menembus pertahanan ibukota; di samping itu, kekaisaran timur memiliki perbatasan umum jauh lebih pendek dengan Eropa. Hal ini juga mendapatkan banyak manfaat dari pusat kuat administrasi dan stabilitas politik dalam negeri, serta kekayaan besar dibandingkan dengan negara-negara lain dari periode abad pertengahan awal. Kaisar Timur mampu mengerahkan lebih banyak kontrol atas sumber daya kekaisaran ekonomi dan lebih efektif mengerahkan tenaga yang cukup untuk memerangi invasi. Sebagai hasil dari keuntungan ini, Kekaisaran-berbagai Romawi Timur dikenal sebagai Kekaisaran Bizantium atau Byzantium-mampu bertahan selama berabad-abad setelah kejatuhan Roma.

Meskipun Byzantium diperintah oleh hukum Romawi dan lembaga-lembaga politik Romawi, dan bahasa resminya adalah bahasa Latin, Yunani juga banyak digunakan, dan siswa menerima pendidikan dalam sejarah Yunani, sastra dan budaya. Dalam hal agama, Konsili Khalsedon di 451 resmi berdiri pembagian dunia Kristen menjadi lima patriarkat, masing-masing diperintah oleh bapa bangsa: Roma (di mana patriark nanti akan menyebut dirinya Paus), Konstantinopel, Alexandria, Antiokhia dan Yerusalem. Kaisar Bizantium adalah patriark Konstantinopel, dan kepala dari kedua gereja dan negara. (Setelah kerajaan Islam diserap Alexandria, Antiokhia dan Yerusalem pada abad ketujuh, kaisar Bizantium akan menjadi pemimpin spiritual dari kebanyakan orang Kristen Timur.)

KEKAISARAN BIZANTIUM BAWAH JUSTINIAN
Justinian I, yang mengambil alih kekuasaan pada 527 dan akan memerintah sampai kematiannya pada 565, adalah penguasa besar pertama dari Kekaisaran Bizantium. Selama tahun-tahun pemerintahannya, kerajaan termasuk sebagian besar tanah di sekitar Laut Mediterania, sebagai tentara Justinian menaklukkan bagian dari mantan Kekaisaran Romawi Barat, termasuk Afrika Utara. Banyak monumen besar kekaisaran akan dibangun di bawah Justinian, termasuk kubah Gereja Kebijaksanaan Suci, atau Hagia Sophia (532-37 AD). Justinian juga direformasi dan dikodifikasi hukum Romawi, membangun kode hukum Bizantium yang akan bertahan selama berabad-abad dan membantu membentuk konsep modern negara.

Pada saat kematian Justinianus, Kekaisaran Bizantium memerintah tertinggi sebagai negara terbesar dan paling kuat di Eropa. Hutang yang timbul melalui perang telah meninggalkan kerajaan di kesulitan keuangan yang mengerikan, namun, dan penerusnya terpaksa berat pajak warga Bizantium untuk menjaga kekaisaran mengapung. Selain itu, tentara kekaisaran berbaring terlalu tipis, dan akan berjuang sia-sia untuk mempertahankan wilayah ditaklukkan selama pemerintahan Justinian. Selama abad ketujuh dan kedelapan, serangan Persia dan Slavia, dikombinasikan dengan ketidakstabilan politik internal dan regresi ekonomi, mengancam kekaisaran. Sebuah baru, bahkan lebih serius ancaman muncul dalam bentuk Islam, yang didirikan oleh Nabi Muhammad di Mekkah pada 622. Pada 634, tentara Muslim mulai serangan mereka di Kekaisaran Bizantium oleh menyerbu ke Suriah. Pada akhir abad ini, Byzantium akan kehilangan Suriah, Tanah Suci, Mesir dan Afrika Utara (antara wilayah lainnya) kepada pasukan Islam.

DARI ICONOCLASM KE MONASTISISME
Selama awal abad kesembilan dan kedelapan, kaisar Bizantium (dimulai dengan Leo III di 730) mempelopori gerakan yang membantah kekudusan ikon, atau gambar religius, dan dilarang ibadah atau penghormatan mereka. Dikenal sebagai Iconoclasm-harfiah "smashing gambar" gerakan -the wax dan menyusut di bawah berbagai penguasa, tetapi tidak berakhir definitif sampai 843, ketika sebuah dewan Gereja di bawah Kaisar Michael III memutuskan mendukung tampilan gambar religius.

Selama akhir abad ke-11 ke-10 dan awal, di bawah kekuasaan dinasti Macedonia didirikan oleh penerus Michael III, Basil, Kekaisaran Bizantium menikmati zaman keemasan. Meskipun membentang di atas wilayah kurang, Byzantium memiliki lebih banyak kontrol atas perdagangan, kekayaan lebih banyak dan lebih prestise internasional daripada di bawah Justinian. Pemerintah kekaisaran yang kuat dilindungi seni, gereja dipulihkan, istana dan lembaga kebudayaan lainnya dan dipromosikan studi sejarah Yunani kuno dan sastra. Yunani menjadi bahasa resmi negara, dan budaya berkembang monastisisme berpusat di Gunung Athos di timur laut Yunani. Monks diberikan banyak lembaga (panti asuhan, sekolah, rumah sakit) dalam kehidupan sehari-hari, dan misionaris Bizantium memenangkan banyak menjadi Kristen di antara bangsa Slavia Balkan tengah dan timur (termasuk Bulgaria dan Serbia) dan Rusia.

BYZANTIUM DAN PERANG SALIB
Akhir abad ke-11 melihat awal Perang Salib , rangkaian perang suci dilancarkan oleh orang-orang Kristen Barat terhadap Muslim di Timur Dekat dari 1095 ke 1291. Dengan Seijuk Turki dari Asia Tengah bantalan di atas Konstantinopel, Kaisar Alexius aku berpaling untuk Barat untuk membantu, sehingga deklarasi "perang suci" oleh Paus Urbanus II di Clermont (Prancis) yang dimulai perang Salib Pertama. Sebagai tentara dari Perancis, Jerman dan Italia dituangkan ke Byzantium, Alexius mencoba untuk memaksa para pemimpin mereka untuk bersumpah setia kepadanya untuk menjamin bahwa tanah kembali dari Turki akan dikembalikan ke kerajaannya. Setelah pasukan Barat dan Bizantium direbut kembali Nicea di Asia Kecil dari Turki, Alexius dan pasukannya mundur, menggambar tuduhan pengkhianatan dari Tentara Salib.

Selama Perang Salib berikutnya, permusuhan terus membangun antara Byzantium dan Barat, yang berpuncak pada penaklukan dan penjarahan Konstantinopel selama Perang Salib Keempat di 1204. Rezim Latin didirikan di Konstantinopel ada goyah karena permusuhan terbuka penduduk kota dan kurangnya uang. Banyak pengungsi dari Konstantinopel melarikan diri ke Nicaea, situs pemerintahan di pengasingan Bizantium yang akan merebut kembali ibukota dan menggulingkan pemerintahan Latin di 1261.

KEJATUHAN KEKAISARAN BIZANTIUM & LEGACY ITS
Selama pemerintahan kaisar Palaiologan, dimulai dengan Michael VIII di 1261, perekonomian negara Bizantium sekali-perkasa lumpuh, dan tidak pernah kembali mantan perawakannya. Pada 1369, Kaisar John V berhasil meminta bantuan keuangan dari Barat untuk menghadapi ancaman Turki tumbuh, tapi ditangkap sebagai debitur pailit di Venice. Empat tahun kemudian, ia dipaksa-seperti pangeran Serbia dan penguasa Bulgaria-untuk menjadi pengikut Turki perkasa. Sebagai negara bawahan, Byzantium membayar upeti kepada sultan dan memberinya dukungan militer. Di bawah penerus Yohanes, kerajaan yang diperoleh bantuan sporadis dari penindasan Ottoman, tetapi munculnya Murad II sebagai sultan pada 1421 menandai akhir tangguh akhir. Murad dicabut semua hak istimewa yang diberikan kepada Bizantium dan mengepung Konstantinopel; penggantinya, Mehmed II, menyelesaikan proses ini ketika ia meluncurkan serangan terakhir di kota. Pada tanggal 29 Mei, 1453, setelah tentara Ottoman menyerbu Konstantinopel, Mehmed penuh kemenangan memasuki Hagia Sophia, yang akan menjadi masjid terkemuka di kota ini. Kaisar Konstantin XI tewas dalam pertempuran hari itu, dan penurunan dan jatuhnya Kekaisaran Bizantium itu selesai.

Pada abad menjelang penaklukan Ottoman akhir tahun 1453, budaya Kekaisaran Bizantium-termasuk sastra, seni dan teologi-berkembang sekali lagi, bahkan sebagai kekaisaran itu sendiri tersendat. Budaya Bizantium akan memberikan pengaruh yang besar pada tradisi intelektual Barat, sebagai sarjana dari Renaissance Italia meminta bantuan dari para sarjana Bizantium dalam menerjemahkan pagan Yunani dan tulisan-tulisan Kristen. (Proses ini akan berlanjut setelah 1453, ketika banyak ulama tersebut melarikan diri ke Italia dari Konstantinopel.) Lama setelah nya "akhir," budaya Bizantium dan peradaban terus latihan pengaruh pada negara-negara yang mempraktekkan agama Ortodoks, termasuk Rusia, Rumania, Bulgaria , Serbia dan Yunani, antara lain.


Sumber: www.histroy.com