Sekilas Tentang Singapura


Singapura merupakan negara kota. Wilayahnya terdiri dari 63 pulau kecil. Pulau utamanya yaitu Singapura. Pulau ini dengan pulau-pulau disekitarnya dihubungkan dengan jalan-jalan buatan dengan cara menimbun laut.



Singapura beriklim tropis tanpa musim. Wilayahnya yang sempit menyebabkan cuacanya setiap hari serupa. Suhu dan kelembaban tinggi, dengan tekanan udara rendah. Hal ini menyebabkan curah hujan tinggi.

Penduduk Singapura terdiri antara lain dari etnis China, Melayu, India, dan Eropa. Penduduk Singapura 43% menganut ajaran Buddha. Sisanya menganut agama Kristen, Islam, Tao, Hindu, atau tidak beragama. Bahasa resminya diantaranya bahasa Inggris, Mandarin, dan Melayu.

Ekonomi Singapura berbasis manufaktur elektronik, petrokimia, turisme, dan pelayanan finansial. Ekonominya berorientasi pasar. Letak pelabuhan internasionalnya sangat strategis. Pelabuhannya tersibuk di dunia jika ditinjau dari tonase kapal.

Singapura merupakan tujuan wisata yang populer. Jumlah wisatawan mencapai 10 juta orang per tahun. Pemerintah Singapura melegalkan perjudian dan kasino di Marina Selatan dan Pulau Sentosa. Jaringan internet tanpa kabel disediakan secara gratis di seluruh penjuru negeri. Wisata kuliner (makanan khas) juga dipromisikan besar-besaran. Hal ini untuk menarik lebih banyak turis.



Singapura juga dapat menarik turis medis. Setiap tahun ada 200.000 orang asing yang berobat di negara ini. Diproyeksikan jumlah ini akan bertambah. Bila nanti mampu menarik 1 juta pasien, akan memberikan pendapatan 3 miliar dolar AS pada negara.

Untuk menarik orang asing mau belajar di Singapura, diprogramkan “Sekolah Global”. Diproyeksikan ada 150.000 mahasiswa asing belajar di Singapura tahun 2015. Universitas Teknologi Nanyang salah satu unggulannya.

Masalah utama di Singapura antara lain wilayahnya yang relatif sempit. Bagaimana untuk mengatasi hal ini? Singapura melakukan proyek reklamasi lahan. Tanahnya diambil dari wilayah perbukitan dari dasar laut atau dibeli dari negara lain. Proyek ini juga menggabungkan pulau-pulau kecil yang berdekatan. Misalnya P.Jurong digabung dengan P.Singapura. Wilayahnya pun semakin luas. Pada tahun 1960-an luasnya 582 km². Pada tahun 2008 luasnya menjadi 704 km². Diperkirakan luasnya akan bertambah 100 km² lagi di tahun 2030.

Negara kota ini juga menghadapi masalah kekurangan air. Sumber air bersih utama penduduk Singapura adalah dari air hujan. Namun sumber ini belum cukup. Sebagian besar kebutuhan sisanya dibeli dari Malaysia. Dua negara ini seringkali bersitegang masalah harganya.

Banyak hal bisa kita jadikan pembelajaran dari Singapura. Kerja keras dan kerjasama penduduknya berhasil menjadikan negara ini maju. Singapura menjadi macan Asia, bersama Jepang dan Korea Selatan. Istilah ini digunakan sebagai sebutan untuk negara industri yang maju. Namun juga ada hal-hal yang tidak sesuai dengan pandangan hidup kita. Di antaranya, perjudian dan tidak berketuhanan diperbolehkan secara resmi.