Kisah Lima Ratus Bhikkhu


Lima ratus orang bhikkhu dari Savatthi tiba pada sebuah hutan yang besar. Hutan tersebut merupakan tempat yang cocok untuk melaksanakan meditasi. Di hutan itu pula para bhikkhu tersebut akan melakukan meditasi. Mereka bermeditasi di sana setelah sebelumnya memperoleh cara-cara bermeditasi dari Sang Buddha. Para bhikkhu tinggal di hutan yang ternyata juga dihuni oleh makhluk-makhluk halus. Makhluk-makhluk halus tersebut tinggal dan berdiam di pohon-pohon. Kehadiran para bhikkhu di hutan membuat makhluk-makhluk halus tersebut merasa terganggu. Para makhluk halus tersebut merasa bahwa para bhikkhu tidak sesuai berdiam di hutan bersama-sama mereka.


Makhluk-makhluk halus tersebut pun segera berunding dan memutuskan untuk menakut-nakuti para bhikkhu di malam hari. Mereka mengganggu para bhikkhu dengan membuat suara-suara dan hal-hal aneh yang menakutkan. Para bhikkhu sangat terganggu dengan tingkah laku mereka dan akhirnya meninggalkan hutan tempat meditasi itu. Para bhikkhu kembali dan menghadap Sang Buddha, kemudian menceritakan segala yang terjadi di hutan tersebut.

Setelah mendengarkan laporan mereka, Sang Buddha mengatakan bahwa hal itu terjadi karena mereka pergi tanpa membawa apa-apa. Mereka harus kembali ke hutan itu dengan membawa sesuatu yang sesuai, yaitu cinta kasih. Kemudian, Sang Buddha mengajarkan “Metta Sutta” (sutta pengembangan cinta kasih) kepada mereka. Para bhikkhu diharapkan untuk mengulang kembali sutta itu pada saat mereka tiba di pinggir hutan dan berada di vihara.Para bhikkhu pergi kembali ke hutan dan melakukan pesan Sang Buddha. Makhluk halus penunggu pohon mendapat pancaran cinta kasih dari para bhikkhu. Mengetahui bahwa para bhikkhu sebenarnya tidak ingin mengganggu mereka, para makhluk halus pun membalas dengan menyambut selamat datang dan tidak mengganggu lagi. Di hutan itu tidak ada lagi suara-suara dan penglihatan-penglihatan yang aneh. Dalam suasana damai para bhikkhu bermeditasi. Dari Vihara Jetavana, Sang Buddha, dengan kekuatan batinnya, mengetahui kemajuan batin para bhikkhu. Lima ratus bhikkhu itu mencapai tingkat kesucian arahat setelah khotbah Dhamma itu berakhir.