Kisah Malaikat Izrail Mencabut Nyawanya Sendiri


Izrail dikenal dalam ajaran lslam sebagai malaikat yang diutus oleh Allah SWT sebagai malaikat pencabut nyawa bagi setiap makhluk yang hidup baik dari golongan manusia maupun jin .

Allah memberi kemampuan yang amat luar biasa kepada lzrail sehingga barat dan timur dapat dijangkau olehnya dengan sangat mudah bagaikan seseorang yang sedang duduk dimeja makan dengan berbagai macam makanan yang siap untuk dimakan.


Malaikat lzrail adalah malaikat yang sangat sering turun ke bumi untuk menemui para Nabi serta pada saat mencabut nyawa manusia. Meski lzrail adalah malaikat mau, namun dirinya juga tidak serta merta terbebas dari maut. Karena Allah sudah berjanji dalam firman-Nya: 

"Tiap-tiap yang jiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan ". ( QS . Ali lmran ayat: 185 ) 

Malaikat lzrail juga makhluk Allah yang pasti akan merasakan mati, sekalipun ia adalah malaikat pencabut nyawa. Dan beginilah kisah pada saat malaikat lzrail menemui ajal di tangannya sendiri.
  1. Tiupan pertama akan sangat membuat takut penduduk langit dan bumi 
  2. Tiupan kedua akan memusnakan semua makhluk yang ada dilangit dan dibumi 
  3. Tiupan ketiga adalah tiupan membangkitkan semua yang telah mati dari zaman Nabi. Adam hingga manusia terakhir.
Pada saat tiupan kedua, maka akan matilah seluruh makhluk yang ada di langit maupun di bumi kecuali makhluk-makhluk yang di kehendaki -Nya, mereka adalah : 
1. Malaikat Jibril .
2. Malaikat lzrail .
3. Malaikat lsrafil .
4. Malaikat Arsy .

Kemudian, Allah memerintahkan lzrail untuk mencabut ruh dari semua malaikat-malaikat di atas, dan malaikat lzrail melaksanakan perintah Allah SWT. Setelah malaikat lzrail melakukan tugasnya, .maka hanya tinggal malaikat lzrail dan Allah saja pada saat itu .

Kemudian Allah berfirman: 

"Hai Malak al Mawt ( malaikat lzrail ), tidakkah kamu mendengar Firman-Ku, "Kulla Nafsin Dza ' iqatul maut ", tidakkah engkau tahu setiap yang bernyawa itu akan merasakan mati ?" 

Lalu Allah berfirman lagi : 

"Aku jadikan engkau untuk tugas itu dan engkau juga harus mati".

Dalam riwayat lain disrbutkan bahwa ketika Allah memerintahkan lzrail untuk mencabut nyawanya sendiri, maka...pergilah lzrail ke suatu tempat surga dan neraka untuk melaksanakan perintah Allah tersebut.

Pada saat ruhnya dicabut, maka seketika itu malaikat lzrail menjerit dengan sangat dahsyat, bahkan andai saja ada makhluk hidup yang mendengar jeritan itu, maka makhluk itu akan binasa seketika karena saking dahsyatnya jeritan lzrail itu.

Pada saat itu, lzrail berkata: 

"Kalaulah aku tahu bagaimana sakitnya saat roh dicabut, maka sudah barang tentu aku akan mencabut roh orang-orang mukmin dengan cara yang paling lembut sekali ".

Selain itu, matilah malaikat pencabut nyawa dan hanya tinggal Allah saja yang Maha Kekal dan Maha Berkuasa atas segala sesuatu. Setelah itu Allah kemudian membangkitkan malaikat lsrafil dan malaikat Arsy, dan memerintahkan lsrafil untuk meletakkan sangkakala dimulutnya menunggu perintah selanjutnya dari Allah Yang Maha Kuasa.

Kemudian, Allah membangkitkan malaikat Jibril dan Mikail. Setelah malaikat Jibril dan Mikail dihidupkan, Allah kemudian memerintahkan Jibril dan Mikail dengan mengendarai Buroq untuk ke makam Rasulullah dengan membawa perhiasan dari surga. Kemudian Allah membangkitkan Muhammad SAW, dan barulah dibangkitkan semua makhluk yang sudah mati tadi.

Saat manusia dibangkitkan, maka mereka dalam keadaan telanjang bulat menuju kepada Tuhan mereka dan dikumpulkan di padang Mahsyar untuk menunggu hisab amal perbuatan mereka selama hidup di dunia.

Itulah kisah dari malaikat lzrail pada saat mencabut nyawanya sendiri.

Semoga menjadi bahan renungan untuk kita semua.

Sumber: G+ Sang Bulan