Mongol di India


Dimulai pada 400-an AD, Turki dan Mongol orang telah memperluas keluar dari bagian utara Asia Tengah dan menyebar ke seluruh Eropa dan Asia, pertama sebagai Hun, maka Avar, yang Ghaznawi, yang Seljuk. Berbatasan 1000 Masehi, Turki Ghaznawi, yang berbasis di apa yang sekarang Afghanistan, menginvasi India utara. India begitu kaya bahwa Ghaznawi punya banyak penjarahan- emas dan mutiara- dan mereka juga mengambil banyak budak. Tapi dengan 1040, Seljuk mengambil alih kekuasaan dari Ghaznawi, dan Seljuk mengambil tidak tertarik di India.



Sebuah setengah abad kemudian, pada 1192 Masehi, Mamluk , yang juga Turki, menginvasi India utara dan mendirikan Kesultanan Delhi , yang berkuasa di India bagian utara. Oleh 1200-an awal, Mongol , di bawah raja mereka Genghis Khan, yang menaklukkan dan menyatukan seluruh Asia - yang Uighur , yang Kyrgyz , yang Khitan - menjadi satu kerajaan besar yang terbentang dari Mongolia ke Rusia. Pada 1221 AD , perluasan Turki / Mongol mencapai India untuk pertama kalinya sebagai Genghis Khan mengirim nya Mongol pasukan berkuda turun dari Iran dan Afghanistan ke India . Dengan 1235, di bawah Genghis Khan putra Ogedei dan cucu Mongke, Mongol memerintah apa yang sekarang Pakistan dan Kashmir, di India utara. Bisa ditebak, berbagai faksi India mulai meminta Mongol bantuan, dan Mongol segera dalam posisi untuk mengambil alih seluruh India utara. Mereka tidak, bagaimanapun, memiliki cukup masalah dengan kerajaan mereka yang ada untuk menjaga mereka dari ingin sakit kepala yang lebih besar.

Oleh sekitar 1300, dengan Mongol lemah dan Kesultanan Delhi kuat di bawah Dinasti Khalji baru, Kesultanan Delhi mendorong Mongol dari India dengan beberapa kemenangan besar.

Mongol menyerbu India sekali lagi di 1398, ketika sebuah berhubungan Mongol khan, Timur, sedang berusaha untuk membangun kembali kerajaan Mongol. Timur sampai sejauh Delhi dan dipecat itu. Yang mengakhiri Kesultanan Delhi, dan meninggalkan kekosongan kekuasaan yang segera diisi oleh yang lain lagi invasi Mongol - oleh keturunan Timur - yang mendirikan Kekaisaran Mughal .

http://quatr.us/india/history/mongols.htm

0 Response to "Mongol di India"

Post a Comment