Genghis Khan (1162-1227)


Pemimpin Mongol Genghis Khan (1162-1227) naik dari awal yang sederhana untuk membangun kerajaan tanah terbesar dalam sejarah. Setelah menyatukan suku-suku nomaden dari dataran tinggi Mongolia, dia menaklukkan sebagian besar Asia Tengah dan China. Keturunannya memperluas kekaisaran lebih jauh, seperti Polandia, Vietnam, Suriah dan Korea. Di puncak mereka, Mongol dikendalikan antara 11 dan 12 juta mil persegi yang berdekatan, area seukuran Afrika. Banyak orang dibantai dalam perjalanan invasi Genghis Khan, tapi ia juga memberikan kebebasan beragama untuk rakyatnya, dihapuskan penyiksaan, mendorong perdagangan dan menciptakan sistem pos internasional pertama. Genghis Khan meninggal pada 1227 selama kampanye militer terhadap kerajaan Cina Xi Xia. tempat peristirahatan terakhirnya masih belum diketahui.



Temujin, kemudian Genghis Khan, lahir sekitar 1162 di dekat perbatasan antara Mongolia modern dan Siberia. Legenda mengatakan bahwa ia datang ke dunia mencengkeram gumpalan darah di tangan kanannya. Ibunya telah diculik oleh ayahnya dan dipaksa menikah. Pada saat itu, puluhan suku nomaden di padang Asia tengah terus-menerus berjuang dan mencuri dari satu sama lain, dan hidup bagi Temujin adalah kekerasan dan tak terduga. Sebelum ia berbalik 10, ayahnya tewas diracun oleh klan musuh. clan Temujin sendiri kemudian meninggalkan dia, ibunya dan enam saudara-saudaranya untuk menghindari harus memberi mereka makan.


Pemimpin Mongol Genghis Khan tidak pernah mengizinkan siapa pun untuk melukis potret nya, memahat gambar atau mengukir rupa-Nya di koin. Gambar pertama dia muncul setelah kematiannya.

Tak lama kemudian, Temujin membunuh setengah tua-saudaranya dan mengambil alih sebagai kepala rumah tangga miskin. Pada satu titik, ia ditangkap dan diperbudak oleh klan yang telah meninggalkan dia, tapi dia akhirnya berhasil melarikan diri. Di 1178 Temujin menikah Borte, dengan siapa ia akan memiliki empat putra dan sejumlah anak perempuan. Dia meluncurkan penyelamatan berani Borte setelah dia juga adalah diculik, dan ia segera mulai membuat aliansi, membangun reputasi sebagai prajurit dan menarik semakin banyak pengikut. Sebagian besar dari apa yang kita ketahui tentang masa Genghis Khan berasal dari "The Secret History of Mongol," karya tertua sejarah Mongolia dan sastra, yang ditulis segera setelah kematiannya.

Akan melawan kustom, Temujin menempatkan sekutu kompeten daripada kerabat di posisi kunci dan dieksekusi para pemimpin suku musuh sementara menggabungkan sisa anggota ke klannya. Dia memerintahkan bahwa semua penjarahan menunggu sampai setelah kemenangan yang lengkap telah menang, dan dia mengorganisir prajurit ke dalam unit dari 10 tanpa memperhatikan kerabat. Meskipun Temujin adalah animisme, para pengikutnya termasuk Kristen, Muslim dan Buddha. Dengan 1205 ia telah dikalahkan semua rival, termasuk mantan sahabatnya Jamuka. Tahun berikutnya, ia disebut pertemuan perwakilan dari setiap bagian dari wilayah itu dan mendirikan sebuah bangsa serupa dalam ukuran ke Mongolia modern. Dia juga menyatakan Chinggis Khan, yang secara kasar diterjemahkan menjadi "Universal Penguasa," nama yang dikenal di Barat sebagai Genghis Khan.

Setelah bersatu suku padang, Genghis Khan memerintah sekitar 1 juta orang. Dalam rangka untuk menekan penyebab tradisional perang suku, ia dihapuskan mewarisi gelar bangsawan. Dia juga melarang penjualan dan penculikan perempuan, melarang perbudakan setiap Mongol dan membuat pencurian ternak dihukum mati. Selain itu, Genghis Khan memerintahkan adopsi dari sistem penulisan, melakukan sensus reguler, diberikan kekebalan diplomatik ke duta besar asing dan memungkinkan kebebasan beragama baik sebelum gagasan tertangkap di tempat lain.

Kampanye pertama Genghis Khan luar Mongolia terjadi terhadap Xi Xia kerajaan Cina barat laut. Setelah serangkaian penggerebekan, Mongol meluncurkan inisiatif utama pada 1209 yang membawa mereka ke ambang pintu Yinchuan, ibukota Xi Xia. Tidak seperti tentara lainnya, Mongol bepergian tanpa pasokan kereta selain cadangan besar kuda. tentara terdiri hampir seluruhnya dari pasukan kavaleri, yang pengendara ahli dan mematikan dengan busur dan anak panah. Pada Yinchuan, Mongol dikerahkan palsu penarikan-salah satu tanda tangan mereka taktik-dan kemudian memulai pengepungan. Meskipun upaya mereka untuk membanjiri kota gagal, penguasa Xi Xia disampaikan dan disajikan upeti.

Mongol berikutnya menyerang Dinasti Jin dari China utara, yang penguasa telah membuat kesalahan dengan menuntut penyerahan Genghis Khan. Dari 1211-1214, kalah jumlah Mongol dilanda pedesaan dan mengirim pengungsi mengalir ke kota. Kekurangan makanan menjadi masalah, dan tentara Jin akhirnya membunuh puluhan ribu petani sendiri. Di tahun 1214 bangsa Mongol mengepung ibukota Zhongdu (sekarang Beijing), dan penguasa Jin setuju untuk menyerahkan jumlah besar sutra, perak, emas dan kuda. Ketika penguasa Jin kemudian memindahkan istananya selatan ke kota Kaifeng, Genghis Khan mengambil ini sebagai pelanggaran perjanjian mereka dan, dengan bantuan desertir Jin, dipecat Zhongdu ke tanah.

Pada tahun 1219 Genghis Khan pergi berperang melawan Kekaisaran Khwarezm di masa kini Turkmenistan, Uzbekistan, Afghanistan dan Iran. sultan ada telah sepakat untuk perjanjian perdagangan, tetapi ketika kafilah pertama tiba barang yang dicuri dan pedagang yang terbunuh. Sultan kemudian dibunuh beberapa duta besar Genghis Khan. Meskipun sekali lagi kalah jumlah, gerombolan Mongol menyapu satu kota Khwarezm demi satu, termasuk Bukhara, Samarkand dan Urgench. pekerja terampil seperti tukang kayu dan perhiasan biasanya disimpan, sedangkan bangsawan dan menolak tentara tewas. pekerja tidak terampil, sementara itu, sering digunakan sebagai perisai manusia selama serangan berikutnya. Tidak ada yang tahu dengan pasti berapa banyak orang meninggal selama perang Genghis Khan, sebagian karena Mongol disebarkan gambar setan mereka sebagai cara untuk menyebarkan teror.

Ketika Genghis Khan kembali ke Mongolia pada 1225, ia menguasai petak besar wilayah dari Laut Jepang ke Laut Kaspia. Namun demikian, ia tidak beristirahat lama sebelum mengalihkan perhatian kembali ke kerajaan Xi Xia, yang menolak untuk memberikan kontribusi pasukan untuk invasi Khwarezm. Pada awal 1227 kuda melemparkan Genghis Khan ke tanah, menyebabkan luka. Dia menekan dengan kampanye, namun kesehatannya tidak pernah pulih. Ia meninggal pada 18 Agustus, 1227, sebelum Xi Xia hancur.

Genghis Khan menaklukkan lebih dari dua kali lipat lahan orang lain dalam sejarah, membawa Timur dan peradaban Barat ke dalam kontak dalam proses. keturunannya, termasuk Ogodei dan Khubilai, juga penakluk produktif, mengambil kendali dari Eropa Timur, Timur Tengah dan sisanya dari China, antara tempat-tempat lain. Mongol bahkan menyerbu Jepang dan Jawa sebelum kerajaan mereka pecah di abad ke-14. Putusan keturunan terakhir Genghis Khan akhirnya digulingkan pada tahun 1920.


Sumber: http://www.history.com/topics/genghis-khan

0 Response to "Genghis Khan (1162-1227)"

Post a Comment