Kerja Paksa (Rodi)


Pada saat VOC dibubarkan, Belanda sedang bermusuhan dengan Inggris. Untuk mempertahankan kekuasaan Belanda di Pulau Jawa, Gubernur Jenderal  Daendels memerintahkan pembuatan jalan raya. Jalan raya ini dibuat dari Anyer  (Banten) sampai Panarukan (Jawa Timur). Daendels memaksa rakyat mengerjakan pembuatan jalan tersebut tanpa upah. Ratusan ribu orang dipaksa bekerja  agar pembuatan jalan cepat selesai. Selain itu, dibangun juga benteng-benteng pertahanan dan pangkalan laut. Banyak rakyat Indonesia yang meninggal karena kelaparan, sakit, kecelakaan, dan disiksa.


Kekejaman Gubernur Jenderal Daendels terhadap rakyat Indonesia diketahui  oleh Napoleon. Pada 1811, Daendels dipanggil ke Belanda. Ia digantikan oleh  Gubernur Jendral Jansens. Akan tetapi, Jansens kurang cakap dalam melaksanakan tugasnya. Pada 1811 Inggris berhasil mengalahkan Belanda di daerah Tuntang dekat  Salatiga, Jawa Tengah. Sejak itulah kedudukan Belanda di Indonesia digantikan  oleh Inggris.

Pemerintah Inggris mengangkat Thomas Stamford Raffles menjadi Gubernur Jenderal. Ia bertugas sejak 1811 sampai dengan 1816. Dalam melaksanakan tugasnya Raffles, ia melakukan politik adu domba antarsesama raja di Pulau Jawa. Ia pun melakukan kerja paksa penanaman kopi di daerah Priangan untuk keperluan pemerintah Inggris. Tanah-tanah dikuasai pemerintah sehingga rakyat yang menggunanakan tanah harus membayar pajak.


0 Response to "Kerja Paksa (Rodi)"

Post a Comment