Q.S. Al-Fatihah


Al-Qur'an adalah firman Allah Swt. yang tidak mengandung kebatilan sedikitpun. Al-Qur'an memberi petunjuk jalan yang lurus. Selain itu, Al-Qur'an memberi bimbingan kepada umat manusia di dalam menempuh perjalanan hidupnya agar selamat di dunia dan di akhirat dan dimasukkan dalam golongan orang-orang yang mendapatkan rahmat dari Allah Swt..

Untuk itulah tiada ilmu yang lebih utama dipelajari oleh seorang muslim melebihi keutamaan mempelajari Al-Qur'an. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw.,"Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya."(HR Bukhari).

Tahukah kamu apa arti Al-Fatihah? Al-Fatihah berarti pembuka. Pembuka di sini berarti pembuka yang sempurna bagi segala macam keberhasilan dan kebaikan. Mengapa surah ini dinamakan surah Fatihah (pembuka)? Alasannya adalah Al-Qur'an dibuka dengan surah ini.

Surah Al-Fatihah ini merupakan surah makkiyah yang terdiri atas tujuh ayat. Surah yang pertama dalam urutan mushaf Al-Qur'an. Surah ini juga merupakan surah yang kelima sesuai dengan waktu turunnya surah-surah Al-Qur'an. Nama lain dari surah ini adalah Ummul Qur'an (Induk Al-Qur'an) dan Ummul Kitab.



Kandungan surah Al-Fatihah terdiri atas hal berikut:
  1. Kesadaran diri untuk selalu bersikap rahman dan rahim kepada setiap orang.
  2. Kita akan selalu merasa dalam curahan dan lindungan Allah Swt..
  3. Ketika melakukan sesuatu jangan sampai merugikan orang lain dan selaluberusaha membantu dan menolong orang lain.
  4. Tancapkan dalam hati harapan yang jelas dan buatlah selalu rencana untukmasa depan.
  5. Bekerja dan berusahalah dengan sungguh-sungguh dan selalu bersikap jujur.
  6. Ketika melakukan sesuatu, kerjakanlah atas nama Allah.
  7. Kita jangan bersikap putus asa dalam melakukan sesuatu. Yakinlah kita selalu berada dalam jalan Allah yang lurus.
  8. Tetaplah ikhlas untuk menerima segala hasil yang telah dicapai. Apapun hasilnya, terimalah dengan baik, karena semuanya berasal dari Allah.
Sebuah Hadis riwayat Muslim dalam kitab sahih an-Nasa'i dalam kitab sunan dari Ibnu Abbas, katanya, "Ketika Rasulullah Saw. sedang bersama malaikat Jibril, tiba-tiba Jibril mendengar suara dari atas. Maka, Jibril mengarahkan pendangannya ke langit seraya berkata, "Itulah pintu telah dibuka dari langit yang belum pernah terbuka sebelumnya." Ibnu Abbas melanjutkan, "Dari pintu itu turun malaikat dan kemudian menemui Nabi Saw. seraya berkata, 'Sampaikanlah berita gembira kepada umatmu mengenai dua cahaya. Kedua cahaya itu telah diberikan kepadamu, yang belum pernah sama sekali diberikan kepada seorang nabi pun sebelum dirimu, yaitu fatihatul kitab dan beberapa ayat terakhir surat Al-Baqarah. Tidaklah engkau membaca satu huruf saja darinya melainkan akan diberi (pahala) kepadamu'"

2 Responses to "Q.S. Al-Fatihah"

  1. mohon di koreksi terjemanahan dari gambar yang ditampilkan

    ReplyDelete