Bu 'Sandiah' Kasur


Coba, siapa dari kita yang tak kenal Bu Kasur? Pengarang lagu anak-anak yang legendaris dan seorang tokoh pendidikan anak ini bernama asli Sandiah. Nama dan karyanya menjadi sebuah legenda dalam dunia pendidikan.

Sampai menjelang akhir hayat, Ibu Kasur selalu ingin mendidik anak-anak. Meski belakangan ini tidak lagi langsung mengajar, namun masih rutin mengunjungi TK Mini Pak Kasur. Ia selalu akrab dengan anak-anak.

Sudah banyak alumninya yang menjadi besar. Diantaranya adalah ibu Megawati, Guruh, Hayono Isman (mantan Menpora) serta Ateng (pelawak). Juga hampir seluruh cucu bahkan cicit H.M. Soeharto, mantan presiden, sekolah di TK Mini Pak Kasur.

Bu Kasur tidak mengenal kata bosan berkecimpung dalam dunia pendidikan dasar anak-anak. Menurutnya, ada kenikmatan tersendiri ketika mengamati bagaimana anak-anak berkembang dari hari ke hari. Kelucuan, kepolosan anak-anak membuatnya lebih 'hidup'.

Seperti halnya Pak Kasur, Ibu Kasur juga dikenal sebagai pencipta lagu. Di antara lagu ciptaan almarhumah yang terkenal sampai sekarang adalah Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi.

Bu Kasur memang dikenal karena mengasuh sejumlah acara anak-anak di televisi dan juga radio. Dunia anak-anak sepertinya tidak bisa lepas dari kehidupan Bu Kasur dan Suaminya. Dengan penuh kesabaran dan ketulusan, pasangan suami-istri itu membimbing anak-anak belajar bermain. Juga bernyanyi!

Belajar sambil bermain, bermain sambil belajar. Itulah kata kunci yang melandasi pola pikir dan pola tindak yang senantiasa dihayati dan dilaksanakan.

"Kesederhanaan Bu Kasur menjadi karakteristik lagu anak-anak. Sederhana lagunya, sederhanya syairnya"



0 Response to "Bu 'Sandiah' Kasur"

Post a Comment