Sumpah Palapa Gajah Mada


Gajah Mada pada mulanya adalah seorang pegawai Kerajaan Majapahit. Ia seorang yang kuat dan gagah berani.  Gajah Mada berbakat dalam bidang keprajuritan. Ia pernah menjadi anggota pasukan Bhayangkara. Bahkan ia diangkat sebagai Kepala Pasukan Bhayangkara. Pasukan Bhayangkara adalah pasukan pengawal raja.

Patung Gajah Mada
Gajah Mada Menyelamatkan Raja
Pada tahun 1309, Raden Wijaya wafat. Tahta Kerajaan Majapahit digantikan oleh puteranya yang bernama Jayanegara. Ketika naik tahta, usia Jayanegara baru sekitar 15 tahun. Ternyata baru pada masa pemerintahan Jayanegara timbul berbagai pemberontakan. Beberapa pemberontakan itu antara lain:
1) Pemberontakan Rangga Lawe dari Tuban (tahun 1309).
2) Pemberontakan Sora (tahun 1311).
3) Pemberontakan Nambi (tahun 1316).
4) Pemberontakan Kuti (tahun 1319).

Semua pemberontakan tersebut dapat dipadamkan. Di antara pemberontakan itu, pemberontakan yang paling berbahaya adalah pemberontakan Kuti. Karena Kuti telah berhasil menduduki ibukota kerajaan, Raja Jayanegara terpaksa mengungsi. Ia mengungsi ke Desa Badander dengan dikawal oleh pasukan Bhayangkara yang dipimpin oleh Gajah Mada. Sebagai kepala pasukan, maka Gajah Mada berusaha untuk dapat memadamkan pemberontakan Kuti. Ternyata dengan kecerdikannya, pemberontakan Kuti dapat dipadamkan. Selain itu, Jayanegara dapat diselamatkan dan dikembalikan ke istana.

Gajah Mada Diangkat sebagai Patih
Jayanegara kembali sebagai Raja Majapahit. Ia tidak melupakan jasa Gajah Mada. Karena jasanya dalam menumpas peberontakan Kuti, maka Gajah Mada diangkat sebagai Patih Kahuripan, dan kemudian diangkat sebagai Patih Kediri.

Sumpah Amukti Palapa
Jayanegara ketika wafat tidak meninggalkan anak laki-laki. Beliau digantikan oleh putrinya bernama Tribuwanatunggadewi. Tribuwanatunggadewi kemudian menikah dengan Kertawardana. Dari hasil pernikahan ini lahirlah putra laki-laki, yang diberi nama Hayam Wuruk. Pada masa pemerintahan Tribuwanatunggadewi kembali terjadi pemberontakan. Pemberontakan ini dikenal dengan sebutan pemberontakan Sadeng pada tahun 1331. Berkat keuletan dan kegigihan Gajah Mada, pemberontakan Sadeng dapat ditumpas. Berkat jasanya ini, maka Gajah Mada kemudian diangkat sebagai Mahapatih Majapahit. Dalam upacara pelantikan, Gajah Mada mengucapkan sumpah, yang terkenal dengan sebutan Sumpah Amukti Palapa.

Bunyi sumpah yang diucapkan Gajah Mada sebagai berikut: 
“Sira Gajah Mada pepatih amugkubumi tan ayun amukita palapa, sira Gajah Mada, lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa." 

Makna sumpah ini yaitu Gajah Mada tidak akan merasakan buah palapa atau kenikmatan dunia, sebelum seluruh Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Tahun 1343, Gajah Mada mulai melaksanakan sumpahnya. Bali segera disatukan di bawah Majapahit. Berikutnya Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Sumatera dapat dikuasai. Wilayah Kerajaan Majapahit pun menjadi semakin luas. 

Mendampingi Hayam Wuruk
Pada tahun 1350, Tribuwanatunggadewi menyerahkan kekuasaannya kepada Hayam Wuruk. Gajah Mada sebagai Mahapatih Majapahit terus mendampingi Raja Hayam Wuruk. Pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, Majapahit mengalami zaman keemasan. Wilayahnya begitu luas, bahkan termasuk Semenanjung Malaka. Karena wilayahnya yang begitu luas ini, maka Kerajaan Majapahit sering dikenal sebagai Kerajaan Nasional Kedua.

Untuk menjaga keamanan dan pertahanan wilayah Majapahit, Gajah Mada membentuk angkatan laut yang kuat. Pimpinan Angkatan Laut Majapahit yang terkenal adalah Laksamana Nala. Perdagangan juga maju pesat, karena keamanan terjamin. Kehidupan beragama, baik agama Hindu maupun Buddha juga terus ditingkatkan. Dengan demikian rakyat hidup dengan aman, tertib, dan sejahtera. Hal ini juga didukung oleh pelaksanaan hukum yang adil. Dalam bidang hukum, Gajah Mada juga telah menyusun kitab hukum yang disebut Kutaramanawa.

Berpulang ke Pangkuan Ibu Pertiwi
Setelah mengabdikan dirinya untuk kemajuan Majapahit, pada tahun 1364. Gajah Mada meninggal dunia. Majapahit kehilangan tokoh besar yang tiada tandingannya. Hayam Wuruk merasa terpukul karena kehilangan pendamping dalam mengurus kerajaan. Apalagi setelah ibundanya, Tribuwanatunggadewi, meninggal pada tahun 1372, Hayam Wuruk semakin murung. Akhirnya pada tahun 1389, Hayam Wuruk juga meninggal. Meninggalnya Gajah Mada dan Hayam Wuruk ini telah membawa kemunduran Kerajaan Majapahit.


0 Response to "Sumpah Palapa Gajah Mada"

Post a Comment