Kerajaan Melayu


Terdapat perbedaan pendapat di antara para ahli sejarah mengenai letak ibu Kota Malayu. Ada yang mengatakan kerajaan ini berpusat di Jambi di sepanjang Sungai Batanghari, ada juga yang mengatakan berpusat di Semenanjung Malaysia.




Menurut I-Tsing, Kerajaan Malayu telah ditaklukkan Kerajaan Sriwijaya sejak 692 M. Informasi tentang kerajaan ini baru dapat dilacak kembali dalam Kitab Pararaton dan Negarakertagama. Disebutkan bahwa Raja Singhasari, yaitu Kertanegara mengadakan Eskpedisi Pamalayu pada 1275 M untuk menaklukkan Kerajaan Malayu di Sumatra.

Pada pertengahan abad ke-14 M, berita tentang Kerajaan Malayu muncul pada saat pemerintahan Adityawarman. Di bawah pemerintahannya, Kerajaan Malayu dapat meluaskan kekuasaannya ke daerah Minangkabau pada 1347 M. Setelah turun takhta pada 1375 M, Adityawarman digantikan oleh Anangwarman. Namun, informasi mengenai masa pemerintahan Anangwarman tidak banyak diketahui.


1 Response to "Kerajaan Melayu"

  1. sudah tentu berpusat ditanah semenanjung malaysia kerana disitu berdirinya dant berkumpulnya raja-raja melayu nusantara

    ReplyDelete