Contoh Pidato Peringatan Hari Koperasi (12 Juli)




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dengan mengucapkan rasa syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan hidayah-Nya yang diberikan kepada kita sekalian sehingga kita masih dapat bertemu pada acara kali ini yang bertujuan untuk memperingati Hari Koperasi, yaitu pada tanggal 12 Juli.

Sebenarnya ide mendirikan sebuah koperasi sudah lama muncul di Indonesia. Pada perumusan Pasal 33 UUD 1945 diwarnai dengan semangat para pemimpin dan para perancangnya pada saat itu untuk menjadikan koperasi sebagai pilar utama perekonomian Indonesia. Dewasa ini, pemerintah telah memberikan kesempatan yang cukup maksimal untuk mengembangkan koperasi. Dengan besarnya dana, waktu, dan perhatian yang telah dicurahkan untuk terciptanya kesempatan membentuk sebuah wadah perekonomian rakyat, yaitu koperasi. Pada saat ini, kita semua telah melihat banyak sekali koperasi yang terbentuk di seluruh wilayah Indonesia. Pemerintah hingga saat ini masih terus mendukung berdirinya koperasi.

Saudara-saudara sekalian yang saya hormati dan cintai. Terlepas dari hal tersebut, yang penting bagi kita semua adalah adanya kejujuran dalam pengelolaan koperasi, adanya kesadaran untuk memajukan koperasi demi kepentingan bersama, dan adanya solidaritas yang mantap dari semua anggota beserta pengurusnya. Sikap mental dan moral seperti itu sangat diperlukan demi terselenggaranya dan berkembangnya suatu koperasi yang baik. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah bagaimana agar koperasi dapat dikelola secara profesional oleh tenaga-tenaga ahli yang terampil dan terdidik. Secara kualitatif, pengurus perlu ditingkatkan, terutama dalam hal kemampuan manajemen, administrasi, dan organisasi usaha. Semua kemampuan tersebut sangat penting demi terciptanya koperasi yang handal dan dapat menjadi penopang perekonomian rakyat Indonesia. Oleh karena itu, para pengurus dan anggota koperasi haruslah profesional dan sangat peduli terhadap keberhasilan bersama.

Dengan profesionalisme yang dilandasi asas kekeluargaan, koperasi dapat menjadi suatu usaha yang tangguh untuk menghadapi persaingan bebas dan dapat juga menjadi sebuah wahana yang tangguh bagi golongan ekonomi lemah dalam bersaing dengan perusahaan yang mengandalkan kekuatan modal. 

Akhirnya, kita berharap semoga kehidupan perkoperasian kita ini akan mengalami kejayaan dalam membangun perekonomian bangsa dan mudah-mudahan dengan berkoperasi kita dapat meningkatkan

kesejahteraan para anggotanya. Mudah-mudahan pidato ini bermanfaat dan menjadi pendorong kita untuk meningkatkan dan memajukan kehidupan berkoperasi.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh!


0 Response to "Contoh Pidato Peringatan Hari Koperasi (12 Juli)"

Post a Comment