Kisah Singkat Abu Lahab


Abu Lahab masih termasuk salah satu paman Rasulullah saw, karena ia adalah adik dari Abdullah ayah Rasulullah saw. Namun perangai Abu Lahab sangat buruk, bahkan Abu Lahab merupakan penghalang utama dakwah Nabi Muhammad saw. Ia sangat kasar kepada Nabi Muhammad saw, bahkan sering menyakiti hati dan fisik. Abu Lahab sangat benci terhadap dakwah yang dibawa keponakannya sendiri.

Pada suatu hari Abu Lahab dan orang-orang kafir Quraisy memfitnah dengan menyebarkan isu bahwa Muhammad sebagai pembohong, dungu dan dianggap orang gila. Muhammad telah merusak agama nenek moyang mereka, yang menyembah kepada Latta dan Uzza. 



Abu  Lahab  terus  berupaya  untuk  menghentikan  dakwah  Nabi  Muhammad saw. Abu Lahab menyebarkan fitnah dan tuduhan keji. Namun usahanya tidaklah menghasilkan  apa-apa.

Selanjutnya, membujuk  kepada  Abu  Talib  agar  supaya menasihati Muhammad saw  untuk berhenti  dari dakwahnya. Itupun  juga  tidak berhasil. Tidak  puas dengan  itu,  Abu  Lahab mendatangkan  ahli syair  untuk menandingi Al-Qur’an. 

Penyair ahli pada masa itu adalah ’Utbah bin Rabi’ah dan Taufil bin Amr, mereka diberi tugas untuk mencemooh nilai sastra Al-Qur’an. Tapi apa daya, berdua setelah mendengar dan membaca ayat Al-Qur’an justru gemetar hatinya dan justru masuk Islam.

Kemarahan Abu Lahab semakin menjadi-jadi dan berupaya untuk membunuh Nabi Muhammad saw. Yah, usaha Abu Lahab gagal total. Maka binasalah kedua tangan Abu Lahab, tidaklah bermanfaat harta benda dan apa yang diusahakan untuk menghalangi dakwah Nabi Muhammad saw. Ia akan dimasukkan ke dalam api yang bergejolak. 


0 Response to "Kisah Singkat Abu Lahab"

Post a Comment