Mengapa Ponsel Tak Boleh Dipakai di Dalam Pesawat Terbang?


Menggunakan ponsel di dalam pesawat terbang, baik sedang mengudara maupun ketika pesawat sedang berada di darat, berpotensi membahayakan keselamatan seluruh penumpang dan awak pesawat. Di samping itu, juga melanggar kepantasan dan tata krama.

Ponsel harus dimatikan, tidak hanya di switch agar tidak berdering, selama berada di dalam pesawat. Ulangi: selama berada di dalam pesawat. Ini penting ditegaskan, karena banyak orang menyimpulkan sendiri bahwa ponsel hanya potensi bahaya ketika pesawat mengudara.




Dengan memahami daftar gangguan ini, kita menyadari bahwa bukan saja ketika pesawat sedang terbang, tetapi ketika pesawat sedang bergerak di landasan pun terjadi gangguan yang cukup besar akibat penggunaan ponsel. Kebisingan pada headset para penerbang dan terputus-putusnya suara mengakibatkan penerbang tak dapat menerima instruksi dari menara pengawas dengan baik. Potensi kecelakaan masih dapat terjadi di darat ketika pesawat sedang bergerak menuju pintu embarkasi (gate) karena gangguan komunikasi Gangguan di Darat. Sebenarnya, secara teknis, penggunaan ponsel di dalam penerbangan lebih mengganggu sistem telekomunikasi di darat (terestrial) ketimbang gangguan pada sistem pesawat terbang. 

Seperti kita ketahui, ponsel tidak hanya mengirim dan menerima gelombang radio, melainkan juga meradiasikan tenaga listrik untuk menjangkau BTS (Base Transceiver Station). Sebuah ponsel dapat menjangkau BTS yang berjarak 35 kilometer. Artinya, pada ketinggian 30.000 kaki, sebuah ponsel bisa menjangkau ratusan BTS yang berada di bawahnya (Di Jakarta saja diperkirakan ada sekitar 600 BTS yang semuanya dapat sekaligus terjangkau oleh sebuah ponsel aktif di pesawat terbang yang sedang bergerak di atas Jakarta). Overloading terhadap BTS karena penggunaan ponsel di udara, dapat sangat mengganggu para pengguna ponsel di darat.

Sebagai makhluk modern, sebaiknya kita ingat bahwa pelanggaran hukum adalah juga pelanggaran etika. Tidakkah kita malu dianggap sebagai orang yang tidak peduli akan keselamatan orang lain, melanggar hukum, dan sekaligus tidak tahu tata krama?

Sekiranya kita terbang menggunakan pesawat, bersabarlah sebentar. Semua orang tahu kita memiliki ponsel. Semua orang tahu kita sedang bergegas. Semua orang tahu kita orang penting. Namun, demi keselamatan bersama, demi sopan santun menghargai sesama, janganlah mengaktifkan ponsel selama di dalam pesawat terbang. Aktifkan ponsel Anda setelah berada di gedung terminal.

0 Response to "Mengapa Ponsel Tak Boleh Dipakai di Dalam Pesawat Terbang?"

Post a Comment