Kisah Prabu Siliwangi


Kerajaan Pajajaran yang diperintah oleh Prabu Siliwangi, suatu ketika diserang musuh. Karena yang menyerang putranya sendiri, Prabu Siliwangi beserta pengikutnya memilih meninggalkan istana Pajajaran. Penyerangan dipimpin oleh Pangeran Kiansatang. Hulubalang kerajaan dan tentara Kerajaan Pajajaran mengadakan perlawanan walaupun akhirnya menyerah. Prabu Siliwangi menyingkir ke Desa Sancang dengan hati yang pilu.


Beberapa waktu kemudian, datanglah Pangeran Kiansantang menghadap Sang Prabu menghaturkan sembah. "Seperti Ayah ketahui, Pajajaran telah jatuh dalam kekuasaan kami sekarang. Prajurit kami telah mengepung Desa Sancang. Sekarang ada dua pilihan. Ayah mau menyerah atau Desa Sancang kami serbu. Kami tunggu jawaban Ayah sekarang juga," demikian Pangeran Kiansantang menegaskan. Mendengarkan ancaman putranya itu, Prabu Siliwangi dengan tenang menjawab, "Baiklah Anakku. Aku telah mengerti maksudmu. Aku tidak keberatan, tetapi berilah waktu untuk berpikir sejenak." Setelah itu, Prabu Siliwangi bangkit dari duduk dan berjalan menuju Pantai Selatan. Pangeran Kiansantang dan pengikutnya menyertai dari belakang.

Setiba di pantai, Raja menyuruh putranya memegang ujung tongkatnya. Ia berseru, "Dengarkan Anakku! Sekarang aku akan meyakinkan kamu, bahwa sesungguhnya rakyatku tidak dapat melupakan Kerajaan Pajajaran untuk selamanya. Sampai aku meninggal, mereka tetap setia padaku dan tongkat inilah yang menjadi saksi. Nah, selamat tinggal Anakku.”

Sang Prabu mengakhiri seruannya sambil menancapkan tongkatnya. Seketika itu, langit menjadi gelap. Petir menyambar-nyambar. Suasana gemuruh sangat mengerikan. Sejenak kemudian, suasana menjadi tenang. Keadaan sekitar telah berubah menjadi hutan lebat yang menyeramkan. Prabu Siliwangi beserta pengikutnya Ki Brojo Dilwo lenyap tanpa bekas. Terdengar suara sayup-sayup, "Kini pergilah wahai Anakku, jauhilah tempat ini. Sekarang kamu baru yakin bahwa tak seorang pun dapat menundukkan aku. Mulai saat ini, aku dan pengikutku akan menjadi penghuni hutan Sancang untuk selama-lamanya. Jangan mengusik kediamanku yang kekal ini." Mendengar suara gaib itu, Pangeran Kiansantang merasa menyesali perbuatannya karena berani melawan ayahnya.