Kisah Seekor Burung Pipit


Ketika musim kemarau tiba, seekor Burung Pipit merasakan tubuhnya kepanasan, lalu mengumpat. Ia lalu memutuskan untuk meninggalkan tempat tinggalnya, terbang jauh ke utara. Kabarnya, udara tempat itu selalu dingin dan sejuk.



Pelan-pelan, dia merasakan kesejukan udara. Makin ke utara makin sejuk. Ia makin bersemangat memacu terbangnya lebih ke utara lagi. Terbawa oleh nafsu, ia tak merasakan sayapnya yang mulai tertempel salju. Salju makin lama makin tebal. Akhirnya, ia jatuh ke tanah karena tubuhnya terbungkus salju. Sampai ke tanah, salju yang menempel di sayapnya bertambah tebal. Si Burung Pipit tak mampu berbuat apaapa. Ia menyangka bahwa ia telah mati. Ia merintih menyesali nasibnya. 

Mendengar suara rintihan, seekor Kerbau yang kebetulan lewat datang menghampirinya. Namun, si Burung kecewa. Mengapa yang datang hanya seekor Kerbau? Ia menghardik si Kerbau agar menjauh. Ia mengatakan bahwa Kerbau tak mungkin mampu berbuat sesuatu untuk menolongnya. 

Si Kerbau tidak banyak bicara. Ia hanya berdiri, kemudian kencing tepat di atas burung tersebut. Si Burung Pipit makin marah dan memakimaki si Kerbau. Lagi-lagi si Kerbau tidak bicara. Ia maju satu langkah lagi dan mengeluarkan kotoran ke atas tubuh si Burung. Seketika itu, si Burung tidak dapat bicara karena tertimbun kotoran kerbau. Si Burung mengira lagi bahwa ia akan mati karena tak bisa bernapas. Namun, perlahan-lahan ia merasakan kehangatan. Salju yang membeku pada bulunya pelan-pelan meleleh oleh hangatnya kotoron kerbau. Ia dapat bernapas lega dan melihat kembali langit yang cerah. Si Burung Pipit berteriak kegirangan, bernyanyi keras sepuas-puasnya. 

Mendengar ada suara burung bernyanyi, seekor anak kucing menghampiri sumber suara, mengulurkan tangannya, mengais tubuh si burung dan kemudian menimang-nimang, menjilati, mengelus, dan membersihkan sisa-sisa salju yang masih menempel pada bulu si Burung. Begitu bulunya bersih, si Burung bernyanyi dan menari kegirangan. Ia mengira telah mendapatkan teman yang ramah dan baik hati. Namun, apa yang terjadi kemudian? Seketika itu juga dunia terasa gelap gulita bagi si Burung. Tamatlah riwayat si Burung Pipit ditelan oleh si Kucing.


0 Response to "Kisah Seekor Burung Pipit"

Post a Comment