Keserakahan Hiroki



Di sebuah desa, tinggallah dua orang kakak-beradik. Sifat kedua bersaudara ini sangat berbeda, yang tua bernama Hiroki, suka berbuat sesuka hatinya dan sangat licik, sedangkan adiknya bernama Toshiro, mempunyai sifat sebaliknya: rajin bekerja dan jujur hatinya. Hiroki selalu iri hati dan selalu mengasingkan adiknya. Toshiro sudah hampir tidak tahan lagi tinggal bersama kakaknya yang jahat itu.

Toshiro sudah mempunyai seorang istri yang baik hati. Mereka ingin mandiri. Pada suatu waktu Toshiro keluar dari rumah kakaknya dan menyewa kamar di suatu tempat bersama istrinya. Mereka menjalani kehidupan yang baru. Akan tetapi, Toshiro tidak mendapatkan penghasilan yang cukup untuk membiayai keperluan hidupnya. Mereka selalu mengalami kesusahan walaupun sudah bekerja dengan giat dan rajin.

Menjelang tahun baru, mereka tidak mempunyai uang untuk membeli beras. Akhirnya, Toshiro memberanikan diri datang ke rumah kakaknya untuk meminjam beras. “Kak, tolong pinjami saya beras barang satu kilo saja,” katanya. Tetapi kakaknya tak menghiraukannya. Lalu Toshiro pulang. Ia melewati gunung dan sebuah ladang. Di sana ada seorang kakek yang mengerjakan ladang itu. Waktu melintasi ladang, ia disapa oleh Si kakek, “Eh, kau mau ke mana, Nak?”

“Besok tahun baru, tetapi saya tidak punya apa-apa untuk dimakan. Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Itulah sebabnya saya hanya berjalan saja,” jawab Toshiro. Kakek memberinya sepotong kue gandum. Lalu berkata, “Coba kau bawa kue ini ke kuil yang ada di dalam hutan sana.

Di belakang kuil itu ada sebuah lubang. Di dalamnya tinggal beberapa orang kerdil. Orang-orang kerdil itu sangat suka kue gandum seperti ini. Mereka pasti akan memintanya. Tukarkanlah kue gandum ini dengan lesung batu, jangan minta uang.” “Terima kasih, Kek!” jawab Thosiro lega. “Enak sekali baunya, pasti kamu mempunyai kue gandum. Kamu harus memberikan kue itu kepada kami,” kata salah seorang dari orang-orang kerdil itu.

Mereka pun mengeluarkan banyak sekali uang emas untuk ditukarkan dengan kue gandum itu. Toshiro tidak mau menukarkan kue gandumnya dengan uang. “Saya minta ditukar dengan lesung batu,” katanya menuruti nasihat kakek di gunung. Orang-orang kerdil berunding sebentar. “Lesung batu ini sangat langka, sayang kalau harus kita berikan. Tapi apa bolehbuat, kita juga ingin makan kue gandum, biarkanlah kita tukarkan dengan kue gandum itu.” Akhirnya, orang kerdil itu bersedia menukarkan lesung batunya dengan kue gandum. Toshiro segera keluar dari lubang di belakang kuil sambil membawa lesung batu ini. Lalu, diputuskannya untuk bertanya lagi kepada kakek. Ternyata kakek masih bekerja di ladang.

Sambil melihat lesung batu, Kakek berkata, “Kalau diputar ke kanan, lesung batu ini akan mengeluarkan barang apa saja yang kita minta. Dan kalau diputar ke kiri akan berhenti mengeluarkan barang-barang itu. Jagalah lesung yang sangat langka ini baik-baik.” Mendengar kata kakek, Toshiro dengan hati sangat gembira segera pulang ke rumahnya. Melihat suaminya pulang membawa lesung batu, istrinya yang sudah menunggu-nunggu sangat terkejut dan bertanya,

“Ke mana saja selama ini? Apa yang kamu dapat dari kakakmu?” Suaminya tersenyum. Setelah menggelar tikar, diletakkannya lesung batu yang dibawanya, lalu berkata, “Keluarkanlah beras, keluarkanlah beras.” Keajaiban terjadi, dari dalam lesung itu keluarlah beras sampai dua karung penuh. Lalu si Adik berkata, “Keluarkanlah ikan salmon asin yang paling enak rasanya.” Ajaib, keluarlah ikan asin salmon seperti yang dikehendaki. Satu, dua, tiga ekor. Ia meminta beberapa lagi barang yang diperlukan untuk tahun baru. Keluarlah semua yang dimintanya itu. Tahun baru itu mereka lewatkan dengan hati yang sangat gembira. Hiroki yang mengikuti dari belakang, melihat apa yang dilakukan Toshiro. “Oh, lesung ajaib. Pantas ia menjadi kaya,” pikirnya. Hiroki sangat gembira karena mengetahui mengapa adiknya menjadi kaya.

Pada malam harinya, seisi rumah itu tidur dengan lelapnya, Hiroki yang besembunyi di gudang belakang rumah, dengan mengendap-endap masuk ke kamar tempat menyimpan lesung batu. Lalu, digendongnya lesung itu dan dibawanya lari keluar dengan hati yang sangat gembira. Selain lesung batu, kue yang ada di kamar itu pun dicurinya.

Sampailah Hiroki di tepi pantai. Di sana ia melihat sebuah perahu yang ditambatkan di tepi pantai. “Kebetulan sekali ada kapal di sini,” pikirnya sambil melepaskan tali itu dan membawanya ke tengah laut. Tujuannya ia ingin pergi ke tempat jauh dan menjadi orang yang kaya raya. Dengan penuh semangat, ia menyusuri pantai ke tempat yang sangat jauh. Setelah jauh berlayar, ia mulai lapar. Lalu, dimakannya kuekue yang dicurinya bersama lesung batu sampai kenyang. Setelah kenyang, ia ingin makan sesuatu yang asin, tetapi tidak ada garam di kapal itu. Oleh karena itu, ia ingin mencoba mengeluarkan garam dari lesung batu. “Keluarlah garam, keluarlah garam,” katanya sambil memutar lesung batu itu menirukan Toshiro mengeluarkan barang. Seketika keluarlah garam. Ia ingin menghentikan keluarnya garam dari lesung itu, tetapi tidak tahu caranya. Dicobanya mengatakan, “Berhentilah, berhentilah !” Akan tetapi garam itu terus membanjir keluar. Lesung terus berputar sembari mengeluarkan garam. Akhirnya, seluruh kapal penuh dengan garam. Karena bebannya terlalu berat, kapal itu tenggelam bersama Hiroki. Sementara si lesung ajaib masih terus berputar-putar ke arah kanan sambil mengeluarkan garam. Dan inilah yang diyakini orang Jepang penyebab air laut menjadi asin.

0 Response to "Keserakahan Hiroki "

Post a Comment