Arti Lambang KONI


  1. Sayap Garuda melambangkan kekuatan bangsa Indonesia. Gambar ini dilukiskan dalam warna kuning emas dengan perototan merah. Artinya, memberikan sendi kemurnian dan keluhuran serta dinamika dari kekuatan.
  2. Tiga lingkaran yang menghubungkan kedua sayap menyatakan bahwa kekuatan itu akan tetap kokoh dan abadi bila didasari prinsip yang berkebangsaan satu, berbahasa satu dan bertanah air satu, Indonesia.
  3. Api merah yang menyala-nyala melukiskan semangat yang berkobar dan tak pernah padam untuk mengejar cita-cita dan kejayaan prestasi olahraga nasional.
  4. Bunga teratai putih yang dilukiskan api, memperingatkan kita bahwa kekuatan bagaimanapun besarnya semangat dan bagaimanapun hebatnya, tidak berarti apabila tidak disertai kesucian, kejujuran, dan keluhuran budi pekerti dari mereka yang menggunakan kekuatan itu. Bunga teratai yang berdaun lima melambangkan lima sila dari pancasila yang menjadi sendi kehidupan bangsa Indonesia.
  5. Lima lingkaran yang terangkai yang berwarna biru, kuning, hitam, hijau, dan merah merupakan lambang International Olympic Committee (IOC) sebagai organisasi keolahragaan internasional tertinggi di mana KONI menginduk, yang menggambarkan lima benua yaitu Eropa, Asia, Afrika, Australia, dan Amerika.

0 Response to "Arti Lambang KONI"

Post a Comment